Perancang grafis
Perancang grafis atau sering disebut dengan Desainer grafis (bahasa Inggris: Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik.
Perancang Grafis bertugas untuk menyampaikan sebuah informasi yang
diinginkan oleh produk / klien dalam bentuk desain yang menarik.
Ruang lingkup
Ruang lingkup industri dan peran para perancang grafis secara umum diantaranya sebagai berikut:- Media
- Jurnalisme:
Televisi, majalah dan surat kabar. - Percetakan:
Buku, katu nama, poster, logo dan identitas perusahaan (corporate identity), mencakup: logo perusahaan, amplop dan kop surat, profil perusahaan. - Multimedia:
Animasi, online game, computer game, console game, video game.
- Jurnalisme:
- Jasa
- Telekomunikasi:
Mendesain materi iklan media cetak, cover proyek, print banner, standing banner, web/wap banner - Pendidikan:
Memberikan materi-materi tentang kegunaan tools dalam sebuah aplikasi design dan memberikan konsep tentang desain, pendidikan desain bisa didapatkan pada sekolah menengah kejuruan, kuliah dan kursus. - Konstruksi:
- Fotografi
Mengedit hasil foto dan menjadikannya lebih menarik dengan cara menaikkan ketajaman & kecerahan foto, memberikan teks, foto produk dan lainnya. - Periklanan
Materi profile promosi seperti brosur, spanduk, POP (Point of Purchase) seperti standing banner, hanging mobile, Packaging (kemasan produk). - Teknologi informasi
Membuat user interface situs web dan situs wap, web banner dan wap banner, pemasaran internet dan E-commerce.
- Telekomunikasi:
- Manufaktur
- Tekstil
Menentukan warna, membuat obyek atau pola yang akan diaplikasikan ke bahan kain, proses pembuatan film negatifnya disebut dengan tehnik step and repeat (pengulangan pola desain). - Garmen
Mendesain pakaian, menentukan warna bahan dan membuat illustrasi (berupa gambar atau typografi) pada sebuah baju. - Otomotif
Mendesain logo, striping dan menentukan warna dari sebuah motor. - Elektronik
Terutama dalam mendesain icon pada tampilan pengguna disebuah hp, komputer, notebook, tablet pc dan sebagainya. - Helm
Membuat pola-pola stiker yang akan ditempelkan pada permukaan helm. - Mode
Tugasnya hampir sama dengan bidang fotografi, yaitu mengedit hasil foto dan menjadikannya lebih menarik dengan cara menaikkan ketajaman & kecerahan foto, dan lainnya.
- Tekstil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar