Kamis, 05 Desember 2013

Pembuatan Logo

Pembuatan Logo



A. Pengatar
Logo dalam dunia desain grafis sangatlah penting, banyak usaha percetakan yang sering mendapatkan pesanan logo, baik untuk perusahaan, institusi pemerintah maupun pendidikan atau organisasi kemasyarakatan. Dengan membuat logo kita belajar bagaimana teknik menggunakan warna, tools dan teks di dalam CorelDraw X4, sehingga kita menjadi mahir di dalam membuat desain selanjutnya. Untuk itu mari kita ikuti langkah demi langkah pembuat logo IM3 di bawah ini.
B. Hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum membuat sebuah logo
1. Tema : Tentukan dulu pesan yang ingin disampaikan, misal jika kita akan membuat sebuah logo perusahaan air minum, warna apa yang tepat untuk logo tersebut, atau perusahaan menginginkan desain logo dengan bentuk terntentu, maka itulah yang akan kita jadikan bahan untuk membuat logo.
2. Simple dan Unik : Logo di buat untuk mewakili sebuah brand/ citra atau menyampaikan pesan dari pemilik logo kepada kalayak umum sehingga orang yang melihat logo akan segera tahu itu logo apa dan pesannya apa.
3. Kompatibel : Sebuah logo harus dapat di terapkan dalam percetakan baik warna full color maupun warna hitam putih, sehingga perlu di perhatikan dalam penggunaan warna, jika tidak ada permintaan khusus dari pemesan logo, sebaiknya gunakan jenis warna tidak lebih dari 3 variasi warna.
4. Estetika : Logo akan terlihat indah jika bentuknya mampu membuat orang tidak bosan ketika melihatnya, sehingga desain logo harus memiliki nilai seni dan keindahan, tanpa pengurangi isi dari pesan yang ingin di sampaikan.
C. Langkah-langkah Pembuatan Logo IM3
1. Pada halaman yang masih kosong di dokumen CorelDraw X4, silahkan buat objek persegi panjan melalui tool box Rectangle Tool atau tekan tombol keyboard (F6)
2. Kemudian buatlah 1 buah persegi panjang dengan posisi berdiri atau portrait, perhatikan gambar di bawah ini.

3. Silahkan copy paste atau gandakan menjadi 4 buah persegi panjang yang berjajar kanan kiri. Untuk perintah copy paste silahkan klik objek
4. yang akan di gandakan lalu tekan tombol (Ctrl + C) lalu tekan tombol (Ctrl + V) kemudian objek akan otomatis di gandakan, silahkan ulangi langkah tersebut sampai muncul 4 objek. Perhatikan gambar di bawah ini.

5. Kemudian buatlah objek lagi dengan posisi di tempatkan tepat di atas 3 kotak paling belakang. Perhatikan gambar di bawah ini.

6.  Langkah selanjutnya adalah membuat 3 kotak yang paling akhir menjadi satu dengan kotak dengan posisi horizontal untuk menghasilkan huruf M, untuk itu silahkan seleksi dengan cara klik tool box Pick Tool lalu seleksi keempat objek persegi. Kemudian di menu bar tekan tombol arrange  shaping  weld, perhatikan gambar di bawah ini.

7.  Setelah langkah tersebut berhasil di lakukan maka keempat persegi tadi akan menjadi satu atau gabung seperti yang terlihat di bawah ini

8. Lalu untuk membuat angka 3 kita tinggal mengkopi huruf M dan kita balik 90 derajat, silahkan gandakan objek yang membentuk angka tiga seperti langkah sebelumnya lalu kita putar 90 derajat menggunakan tombol angle of rotation dan kita balik secara horizontal menggunakan tombol mirror horrisontally. Silahkan perhatikan gambar di bawah ini

Setelah tulisan IM3 terbentuk seperti gambar di atas maka kita akan menyempurnakan huruf 3, silahkan focus pada huruf 3 dan buat objek persegi seperti gambar di bawah ini lalu seleksi dan tekan  tombol arrange lalu shaping  lalu trim, perhatikan gambar di bawah ini.

9. Setelah langkah di atas berhasi di lakukan maka objek angka 3 akan berubah menjadi seperti di bawah ini.

10. Kemudian buat susunan objek menjadi seperti semula dan buat background hitam di bawah tulisan IM3 dengan cara membuat objek persegi panjang yang menutupi tulisan IM3 lalu kita buat posisi background berada di bawah tulisan IM3, perhatikan gambar di bawah ini.

11.Lalu seleksi objek persegi warna hitam dan klik menu bar di arrange lalu order lalu to back of page atau tekan tombol (Ctrl + end), maka background hitam akan berada di bawah tulisan IM3, perhatikan gambar di bawah ini.

12.  Lalu klik objek IM3 dan berikan warna putih sehingga terlihat jelas tulisan IM3 berada di atas background hitam, sehingga akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

13. Kemudian kita akan miringkan objek tersebut dengan klik dua kali lalu kita geser, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

14. Kemudian langkah terakhir tinggal kita lengkapi dengan 3 objek lingkaran, caranya sama seperti materi pembuatan objek sebelumnya. Lakukan hingga tampil seperti pada gambar di bawah ini.

15. Akhirnya selesai sudah materi pembuatan logo IM3 dengan tampilan akhir seperti di bawah ini.

16. Dengan teknik yang sudah kita pelajari dalam pembuatan logo IM3 ini maka kita akan dapat membuat berbagai macam bentuk logo lainnya. Silahkan buat logo-logo lain sesuai dengan kreasi kalian.
Selamat Belajar dan Selalu Semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar