Sabtu, 21 Desember 2013

Tutorial Photoshop Dasar Fungsi View

Tutorial Photoshop Dasar Fungsi View



  • 39
     

  • Share
Tutorial Photoshop Dasar Fungsi ViewIlmu Grafis Desain Tutorial Photoshop Dasar Fungsi View dapat diakses dengan beberapa cara. Fungsi pada Adobe Photoshop ini akan mempermudah proses edit foto, olah foto, terutama pada saat proses olah foto yang menuntut detail tinggi dan kesesuaian pandangan kita. Seperti pada rambut, bulu, tekstur kulit, bercak noda, atau objek kecil lainnya.
Kita bisa bayangkan saat mengolah atau mengedit bagian-bagian rumit dengan detail tinggi tanpa adanya perbesaran view, malah mungkin yang terjadi adalah proses editing tidak selesai-selesai karena tidak ssuai dengan apa yang diinginkan.
Fungsi view yang selama ini kita kenal adalah zoom ini dan zoom out, memperbesar dan memperkecil view. Memang fungsi ini adalah fungsi perintah yang umum ada pada pengolah grafis dan graphic viewer semacam ACDSee, Picasa, Gimp dan sebagainya. Pada adabe photoshop, fungsi view ada beberapa macam yang juga dapat dikses dengan berbagai cara pula. Selain menggunakan akses klik kanan, tombol ikon, dan menu juga bisa menggunakan shortcut sehingga lebih cepat diakses.
Fungsi View pada Photoshop
Zoom In
Digunakan untuk memperbesar view. Zoom ini bisa diakses menggunakan Menu View > Zoom In. Untuk memudahkan aksesnya, tersedia beberapa shortcut seperti:
  1. Ctrl++ atau Ctrl+=
    Hasil perbesaran view adalah di tengah-tengah jendela kerja
  2. Ctrl+Space+Klik
    Hasil perbesaran view ada pada letak klik
  3. Ctrl+Space+Klik+Draw
    Hasil perbesaran ada pada kotak drag.
Dengan adanya shortcut ini tentunya akan sangat menghemat waktu khususnya bagi para pengguna photoshop kelas advance atau profesional. Mamang fasilitas ini ditujukan untuk menghemat waktu mengakses fungsi photoshop.
Zoom Out
Digunakan untuk memperkecil view. Fungsi zoom out bisa diakes melalui Menu View > Zoom out. Untuk memudahkan aksesnya, tersedia beberapa shortcut seperti:
  1. Ctrl+- atau Ctrl+_
    Hasil memperkecil view adalah di tengah-tengah jendela kerja
  2. Ctrl+ALT+Space+Klik
    Hasil memperkecil view ada pada letak klik
  3. Ctrl+ALT+Space+Klik+Draw
    Hasil memperkecil ada pada kotak awal drag.
Fit On Screen
Digunakan untuk menyamakan view gambar paling tepat pada jendela kerja (workspace) photoshop. Tinggi atau lebar ukuran foto dan gambar disesuaikan persis sebesar jendela kerja.
Actual Size / Pixels
Digunakan untuk melihat ukuran gambar sebenarnya. Contohnya, jika ukurannya 50×50 px maka akan ditampilkan ukuran tersebut. Jika lebih besar dari jendela kerja photoshop, 2500 px misanya, maka ukuran tersebut yang akan kita lihat pada jendela kerja photoshop.
Print Size
Digunakan untuk melihat ukuran gambar jika dicetak, hasil pandangan ( view ) akan mirip dengan actual size / pixels. Fungsi ini bermanfaat jika hasil foto / gambar akan dicetak, sesuai namanya saja. Tidak perlu ribut atau pusing masalah nama fungsi dan kegunaan.
Pelengkap Fungsi view yang berkaitan dalam hal ini adalah hand tool temporer yang berguna untuk memindah posisi view pada jendela aktif. Hand tool temporer biasa diakses dengan cara menekan tombol keyboard space sambil klik drag pada arah yang ingin dituju. Saya sendiri sering menggunakan cara penggabungan (fungsi view + hand tool) ini untuk melihat detail-detail hasil edit foto saya, sehingga saya dapat melihat bagian mana yang perlu diperbaiki atau tidak.
Semoga Anda menikmati artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar